PERANGKAT KERAS PADA SISTEM OPERASI PC

Posted: February 28, 2014 in Tugas 2 Penkom
Tags: , ,

hw01[1]
Komputer terdiri atas berbagai komponen yang membentuk suatu sistem. Sistem merupakan kesatuan dari berbagai komponen yang saling bekerja sama. Antar komponen memiliki keterkaitan dalam menjalankan suatu fungsi tertentu. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, maka komputer tidak dapat berfungsi dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori perangkat keras (hardware). Perangkat keras komputer adalah gabungan dari berbagai komponen fisik yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC).
Kali ini saya akan menjelaskan perangkat keras yang terdapat pada PC saya. Karakterisasi PC saya adalah sebagai berikut:
Computer name : hpmini-PC
Processor : Intel(R) Atom(TM) CPU N570
Installed type (RAM) : 1,00 GB
System type : 32-bit Operating System

Untuk melihat kapasitas RAM pada PC yang anda miliki, anda dapat melakukan hal sebagai berikut. Pertama, klik start – pilih computer dan klik kanan – klik properties. RAM bersifat volatile. Artinya data akan menguap/hilang apabila computer mati mendadak.

Berikut beberapa ulasan mengenai perangkat keras komputer beserta fungsinya.
1. Video Graphic Array (VGA)
VGA card berfungsi sebagai alat penghubung yang dapat melakukan pengiriman data-data grafis antara PC dengan perangkat display seperti monitor atau proyektor.
2. Hard Disk Drive (HDD)
Alat ini berfungsi sebagai tempat penyimpan data utama pada sistem komputer.
3. Power Supply Unit (PSU)
Power Supply berfungsi untuk pengkonversi dan penyalur energi listrik dari sumber outlet (seperti listrik PLN) menjadi bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk mengoperasikan komponen-komponen komputer.
4. Monitor
Monitor disebut juga display. Fungsi dari monitor ini adalah untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui VGA card.
5. Mouse dan Keyboard
Fungsi dari kedua alat ini adalah sebagai alat input untuk memasukkan teks, karakter, dan penggerak objek. Semua ini nantinya akan diproses oleh komputer.
6. Sound Card
Sound card atau kartu suara memiliki fungsi sebagai media penghubung anatara komputer dengan alat output audio seperti speaker.
7. Speaker
Berfungsi sebagai alat output suara yang dihasilkan oleh komputer.
8. LAN Card
LAN card berfungsi untuk menghubungkan komputer dalam suatu jaringan. LAN card merupakan alat input dan output.
9. Modem
Modem memiliki fungsi sebagai alat penghubung komputer dengan internet. Modem merupakan alat input sekaligus output, karena selain kita dapat mendownload kita juga dapat mengupload.

Pengaturan pada hardware komputer dapat dimodifikasi untuk memudahkan user untuk mengoperasikannya. Salah satu pengaturan modifikasi pada hardware komputer adalah pada keyboard yang dapat diatur kecepatannya dalam menginput data atau perintah. Cara memodifikasinya adalah klik start – control panel – keyboard, kemudian pilih kotak dialog speed yang berisi pengaturan repeat delay dan repeat rate – atur sesuai kebutuhan. Selain keyboard perangkat lain yang dapat dimodifikasi pengaturannya adalah mouse. Pengaturan mouse dapat dimodifikasi untuk user yang kidal yaitu dengan cara klik start – control panel – mouse – klik kotak dialog button kemudian pilih swicth primary and secondary buttons – apply. Untuk memodifikasi tampilan pointer yang ditampilkan pada monitor anda dapat mengaturnya pada kotak dialog pointers dan pointers option untuk pengaturan kecepatan gerak kursor serta tata letak kursor. Anda dapat mendapatkan informasi tentang mouse pada kotak dialog hardware.

Leave a comment